Your Partner in Character Building

ABOUT US

PROFILE of ESQ
LEADERSHIP CENTER

SOLUTION

OVERVIEW of ESQ TRAINING

GALLERY

ESQ MULTIMEDIA, PHOTO & NEWS

SUPPORT

MENARA 165, ALUMNI FORUM,
MERCHANDISING, TOUR & TRAVEL
  • Solution
  • ESQ Leadership Center
  • ACT Consulting
  • ACT Assessment Center
  • ACT Training Center
  • ACT Coaching Academy
  • ESQ Business School
  • Public Training
  • Online Registration
  • FAQ
  • ACT Consulting

    ACT-ESQ-CONSULTING

    Budaya Organisasi adalah fondasi untuk kesuksesan yang berkesinambungan serta merupakan identitas dan jiwa sebuah organisasi. Korporasi dengan budaya organisasi yang kuat mampu menghasilkan :
    Revenue : 4x lebih tinggi
    Tenaga kerja : 7x lebih berkualitas
    Nilai saham : 12x lebih tinggi
    Keuntungan bersih : lebih dari 700%

    Namun banyak perusahaan/organisasi yang terpaku pada transformasi bisnis/strategi saja, seperti pembangunan struktur, manajemen dan proses namun melupakan transformasi budaya. Dalam hal ini yang dimaksud dengan budaya organisasi adalah pola pikir, pola tindak dan perilaku korporasi atau organisasi beserta sumber daya manusianya dalam melakukan kegiatan.

     

    70% transformasi yang pernah dilakukan gagal karena hanya menggunakan “Kepala (Head)” tanpa “Hati (Heart)”.

    (Kotter – Heart of Change)

     

    Meskipun IQ dan EQ dianggap sebagai syarat penting yang harus dipenuhi dalam mencapai puncak kinerja, namun itu saja tidak cukup. Terdapat kecerdasan ketiga yang menggambarkan puncak kinerja sebagai sesuatu yang beresiko, memberikan semangat, dan menghadapi tantangan. Inilah kategori ketiga yang disebut sebagai Spiritual Quetiont (SQ) dari suatu pekerjaan. Ketika SQ dari lingkungan kerja itu rendah, para pekerja hanya menggunakan sebagian kecil energinya untuk menyelesaikan pekerjaan dan menganggap itu semua hanya “sekedar pekerjaan” yang memberi mereka tidak lebih dari gaji setiap bulan. Opportunity cost dari hilangnya makna (meaning) ini sangatlah besar.

    Inilah 3.0 Concept, yang harus menjadi ruh dalam membentuk 3 pilar utama Transformasi Budaya: Keselarasan Visi, Misi & Nilai Organisasi, Keselarasan Sistem Kerja, dan Pengembangan Kepemimpinan.

     

    act-3.0-MVVM

     

    SOLUTION

    Indeks Kesehatan Budaya Organisasi
    Layaknya pasien yang akan melakukan operasi, tentu akan diperiksa bagaimana indikator-indikator kesehatannya melalui pemeriksaan laboratorium. Begitu juga dengan sebuah perjalanan Transformasi Budaya, kita harus mengetahui secara akurat indikator kesehatan sebuah organisasi. Sehingga setiap solusi yang diberikan akan efektif dan efisien.

    Workshop Visi – Misi – Nilai Organisasi
    Budaya perusahaan dibangun melalui penyatuan karakter orang-orang di dalamnya yang disatukan oleh empat hal yaitu kesatuan visi, kesatuan misi, kesatuan nilai, serta kesatuan makna. Ibarat DNA pada manusia maka Visi, Misi, Nilai adalah DNA organisasi yang membedakannya dari organisasi lain.

    Training Internalisasi Nilai Organisasi
    Visi, misi, nilai tidak cukup dipahami hanya di tatanan intelektual saja, tapi harus menyentuh aspek emosional dan spiritual. Untuk melakukan percepatan transformasi budaya perusahaan, yang diperlukan adalah pembangunan Self Actualization yang menjadi motivasi dasar ketika bekerja.

    Training Membangun Kerjasama Tim
    Seringkali organisasi kesulitan mencapai target dikarenakan departemen yang satu merasa lebih penting dari departemen yang lainnya sehingga membentuk silo mentality dan merusak internal cohesion.

    Sebuah organisasi bukanlah hanya sekumpulan orang-orang yang bekerja pada bangunan yang sama tapi juga merupakan sekumpulan orang-orang yang memiliki visi, misi dan nilai yang sama.

    Training Manajemen Perubahan
    Dalam melakukan percepatan transformasi budaya perusahaan/organisasi, dibutuhkan sistem yang selaras dengan budaya yang diinginkan. Dari hasil Pengukuran Budaya Organisasi kita dapat mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi agenda perubahan. Agenda perubahan ini harus selalu dimonitor dan dievaluasi. Para pemimpin perubahan harus memiliki tools yang tepat untuk melakukan perubahan.

    Program Strategi Komunikasi Budaya
    Seperti halnya sebuah promo produk di televisi yang diputar berkali-kali sehingga terekam dalam ingatan seseorang, visi, misi, nilai harus dikomunikasikan melalui media visual sehingga tercipta lingkungan yang akan membentuk budaya perusahaan.

    Training Pengembangan Kepemimpinan
    Peranan pimpinan sangat menentukan keberhasilan transformasi/pembentukan budaya perusahaan yang dilakukan, dalam hal ini pimpinan diharapkan mampu menjadi teladan, pembimbing serta penggerak bagi seluruh karyawan.

    Training Pembekalan Agen Perubahan
    Agen Perubahan memiliki peranan yang besar dalam proses perubahan yang dilakukan di perusahaan. Hal ini dikarenakan Agen Perubahan merupakan orang-orang terpilih yang menjadi perwakilan perusahaan. Ia yang bertugas untuk menjelaskan dan mensosialisasikan tujuan serta proses perubahan yang dilakukan agar dapat diterima dengan baik oleh seluruh individu di dalam organisasi/perusahaan.


    Home | Online Registration | Training Schedule | FAQ | Testimonies | Contact Us | List of Clients | DR. H. C. Ary Ginanjar Agustian | Testimonies
    Copyright 2011, ESQ Leadership Center